Beberapa Cara Mengamankan Instalasi Kabel Dari Tikus Perusak

Cara Mengamankan Instalasi Kabel Dari Tikus Perusak

Tikus merupakan salah satu binatang pengerat yang sangat mengganggu. Hama tikus tidak saja ditemukan di sawah, tapi juga di gorong-gorong bahkan di dalam rumah hunian. Hampir semua barang menjadi sasaran hama tikus. Mulai dari makanan, furnitur, sabun bahkan kabel merupakan benda-benda yang kerap kali menjadi sasaran gigitan tikus.

Tentu saja, kabel dan instalasi listrik merupakan salah satu sasaran pengrusakan tikus yang dapat berakibat fatal. Tidak saja barang elektronik di rumah kita menjadi rusak, bahkan bisa menyebabkan konsleting. Selain itu, tidak jarang juga tikus menjadikan kabel mobil sasaran pengrusakan. Hal ini tentu saja sangat menjengkelkan.

Cara Mencegah Tikus Merusak Kabel

Tikus merupakan salah satu hama yang cukup sulit diberantas. Oleh karena itu, Anda juga harus berkomunikasi dengan kontraktor listrik mengenai upaya mengamankan instalasi kabel agar tidak dirusak tikus. Berikut ini beberapa upaya yang dapat Anda lakukan untuk Mencegah tikus merusak kabel-kabel di rumah Anda.

1. Selalu Jaga Kebersihan

Pada dasarnya, kebersihan dan kerapian ruangan merupakan hal yang paling pertama harus diperhatikan. Kondisi rumah dan lingkungan yang bersih, akan meminimalisir kemungkinan hadirnya tikus di rumah Anda. Selalu tutup rapi lemari dan juga meja makan. Selain itu, pastikan ventilasi udara dan juga pencahayaan matahari bisa masuk ke dalam rumah. Karena tempat gelap yang lembap dan kotor merupakan hal yang disukai tikus.

2. Gunakanlah Pelindung Untuk Kabel

Peindung kabel cocok digunakan pada kabel-kabel gadget seperti kabel charger, kabel data ataupun earphone. Hal ini dapat digunakan untuk menangani gangguan tikus yang suka menggigiti kabel gadget dan sudah bisa didapatkan di toko online maupun offline.

3. Merapikan Kabel

Setiap kali sudah selesai menggunakan barang elektronik Anda, jangan lupa rapikan kembali semua pada tempatnya. Terutama jangan biarkan kabel berantakan di tempat yang mudah dijangkau oleh tikus.

4. Memasang jebakan tikus

Jika tikus sudah merajalela di rumah atau lingkungan Anda, memang tidak mudah untuk mengusirnya. Memasang ranjau tikus merupakan salah satu cara yang terbilang efektif. Pasanglah ranjau di jalur-jalur yang biasa dilalui tikus. Termasuk kabel listrik yang dipasang oleh kontraktor listrik Anda dan sering menjadi sasaran pengerusakan oleh tikus.

Alternatif lain dari jebakan tikus adalah dengan meletakkan lem tikus agar tikus terperangkap di atas lem tersebut. Namun, hati-hatilah, jangan sampai Anda lupa dimana meletakkan lem tikus tersebut dan malah terinjak oleh Anda atau penghuni rumah lainnya.

4. Manfaatkan hewan peliharaan

Memelihara kucing bisa menjadi alternatif mengusir tikus perusak instalasi kabel listrik di rumah Anda. Bukan saja ada sebagian tikus yang takut pada kucing. Namun, tikus juga umumnya enggan mendatangi rumah yang ruangannya sudah dikuasai oleh hewan peliharaan seperti kucing dan anjing.

5. Pasang Wewangian yang Menyengat

Aroma peppermint, cabe, jeruk dan aroma lainnya yang menyengat, dapat Anda manfaatkan untuk mengusir tikus. Hal ini dikarenakan tikus sangat tidak menyukai aroma-aroma menyengat. Sehingga Anda bisa oleskan bahan-bahan beraroma menyengat itu pada permukaan kabel atau area di sekitarnya.

Alternatif lain jika Anda tidak memiliki tanaman atau hal-hal yang berbau menyengat maka Anda dapat menggunakan kamper atau kapur barus. Kamper atau kapur barus biasanya digunakan untuk menghilangkan aroma lembap atau aroma tidak enak lainnya. Ternyata kamper juga efektif digunakan untuk mengusir tikus yang suka merusak kabel instalasi listrik.

Tempatkan kamper di dekat kabel-kabel yang kerapkali menjadi sasaran pengrusakan tikus. Letakkan juga kamper di dekat lubang-lubang yang menjadi jalan keluar masuk yang sering dilalui tikus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *