5 Hal Penting Yang Tidak Boleh Ketinggalan Ketika Men-Desain Kamar Mandi

Desain Kamar Mandi

Kusen aluminium merupakan material yang cocok diterapkan pada kamar mandi rumah. Ketahanan terhadap udara lembab menjadi salah satu unsur penting yang dimiliki. Kamar mandi adalah bagian pokok yang wajib dimiliki setiap rumah. Kamar mandi menjadi hal penting dan menjadi kebutuhan pokok setiap masyarakat.

Fungsi utama kamar mandi adalah tempat membersihkan diri dan buang hajat. Manusia menghabiskan sekitar 15 menit sampai dengan  60 menit di dalam kamar mandi. Oleh karena itu, perlu beberapa hal yang harus di perhatikan agar kamar mandi terasa nyaman dan enak di pandang. Berikut ini beberapa hal yang harus di perhatikan dalam mendesain kamar mandi.

Ketersediaan Tiga Komponen

Melakukan sesuatu hal haruslah memperhatikan fungsi dan tujuan utama. Sama halnya dalam mendesain kamar mandi. Kamar mandi harus memasukkan tiga komponen utama di dalamnya yaitu westafel untuk cuci muka, closet, serta tempat untuk mandi. Tiga komponen ini wajib ada agar kamar mandi dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Luas Lahan

Luas kamar mandi disesuaikan dengan kondisi rumah dan kebutuhan. Hal yang paling utama dalam menentukan luas kamar mandi adalah benda wajib masuk semua. Tiga komponen utama kamar mandi harus bias masuk semua. Hal ini bias disesuaikan dan didiskusikan dengan tukang yang dipercaya.

Material Bangunan

Kamar mandi merupakan ruangan yang paling sering terkena air. Hampir setiap hari selalu ada air yang membasahi lantai atau bahkan tembok kamar mandi. Apabila di biarkan, lantai bisa menjadi licin karena berlumut atau kotor. Jika terjadi demikian, maka keindahan dan kenyamanan kamar mandi menjadi berkurang.

Sebaiknya pilih keramik yang memang cocok dipasang di kamar mandi. Keramik yang digunakan adalah keramik yang memiliki permukaan kasar. Jangan memilih keramik dengan permukaan halus karena hal ini bisa membahayakan. Hindari penggunaan kusen dari kayu karena kayu mudah lapuk. Pilihlah kusen aluminium agar kamar mandi awet dan terjaga.

Pencahayaan

Pencahayaan menjadi aspek yang tidak kalah penting. Kamar mandi yang terlalu gelap akan terkesan seperti gua. Gelap dan lembab sehingga tidak akan memberikan kenyamanan. Tempat yang lembab dan gelap adalah tempat kesukaan bakteri dan lumut. Bakteri maupun nyamuk sangat suka hidup ditempat seperti ini.

Kamar mandi bias berubah fungsi menjadi tempat mengerikan. Kamar mandi tidak lagi sebagai media bersih diri melainkan sumber penyakit karena banyaknya bakteri serta hal lain yang dapat mengganggu kenyamanan penggunannya.

Sirkulasi Udara

Memasang jendela dikamar mandi terasa aneh dan membuat tidak nyaman. Ada perasaan khawatir ketika mandi karena jendela bisa menjadi celah orang jahat. Meskipun demikian, jendela tetap penting sebagai jalan keluar masuk udara. Sirkulasi udara pada kamar mandi tidak boleh dianggap sepele.

Kamar mandi yang tidak memiliki sirkulasi udara memadai bias membuat kamar mandi terasa sangat lembab. Hal ini tidak baik karena akan berpengaruh pada suasana dan kondisi lantai kamar mandi. Apabila tidak nyaman dengan posisi jendela, kita bias menggunakan kipas ventilasi. Kipas ini bias menggantikan posisi jendela pada kamar mandi.

Memiliki kamar mandi yang nyaman dan aman adalah kewajiban. Sebagai manusia normal, mandi dan kegiatan buang hajat sudah menjadi kebutuhan pokok. Dibutuhkan tempat yang nyaman dan aman. Penggunaan bahan tahan lembab seperti kusen aluminium adalah langkah tepat. Kamar mandi menjadi lebih nyaman dan tidak mudah mengalami kerusakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *