Inilah Keunggulan dan Cara Pasang Folding Door yang Benar

Pernahkah Anda mendengar tentang folding door atau yang sering disebut juga dengan pintu jenis lipat? Belakangan ini, tren pintu dengan teknik lipat telah menjamur di antara lapisan masyarakat. Dikarenakan jenis lipat sendiri memiliki beberapa keunggulan dibandingkan pintu jenis lainnya. Cukup banyak sekali orang yang menggunakan pintu jenis lipat ini sebagai alternatif yang mereka pilih.

Keunggulan Folding Door

Alasannya tentu saja tak lain karena keunggulan dari pintu jenis lipat yang bermacam-macam. Salah satunya adalah dari harga folding door ini yang cukup terjangkau. Folding door atau pintu jenis lipat sendiri dalam proses pembuatannya cukuplah sulit dan juga membutuhkan banyak komponen. Namun, meski begitu masih banyak para penjual yang menawarkan dengan harga cukup murah.

Folding Door

Selain itu, dari segi kondisi rumah sendiri, pintu jenis lipat sangat cocok untuk rumah yang ruangnya cukup lebar. Karena folding door juga membutuhkan ruang yang agak banyak untuk lipatannya sendiri. Apabila Anda memilih pintu ini sebagai alternatif pintu di dalam rumah Anda, maka jangan meletakkan barang atau benda apapun dibalik pintu. Karena tak akan ada ruang untuk itu.

Harga yang terjangkau merupakan keunggulan dari pintu jenis lipat, sedangkan kekurangan dari jenis pintu yang satu ini adalah pada segi modelnya yang tidak bisa divariasi. Variasi menjadi tidak memungkinkan akibat terhalang oleh lipatan-lipatan sebagai konsep aslinya. Berbeda dengan jenis pintu lain seperti pintu geser misalnya, yang bisa didesain dan di model sesuka hati, asalkan masih sesuai dan cocok dengan konsep ruangan interiordalam rumah.

Cara Pasang Folding Door

Memasang folding door atau pintu lipat haruslah dengan ahlinya. Mungkin Anda bisa mencobanya sendiri di rumah, tapi untuk melakukan hal itu, Anda harus benar-benar mempelajarinya sehingga tak ada kesalahan yang akan terjadi atau berpotensi merugikan. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan ketika akan memasang folding door:

  • Pada langkah pertama, Anda harus melakukan pengeboran pada bagian atas tembok yang nantinya akan dipasangi pintu jenis lipat.
  • Langkah kedua, Anda juga harus melubangi bagian rel dengan bor supaya lebih mudah dalam memasang rel di bagian atas tembok tersebut.
  • Langkah ketiga, jika rel telah dipasang dengan baik, maka Anda perlu melakukan pengukuran terhadap pintu yang akan dipasang. Pengukuran ini amat sangat penting. Sebab, terkadang pintu yang telah dipesan bisa saja tidak sesuai dengan tinggi ruangan dalam rumah Anda, sehingga harus dilakukan sedikit pemotongan.
  • Langkah keempat, apabila pemotongan tadi telah selesai, maka lepaskanlah penyangga yang masih ada pada sisa potongan tersebut. Lalu pasang lagi pada bagian bawah pintu yang telah dipotong.
  • Langkah yang kelima, adalah proses penerapan pintu pada rel yang telah terpasang di atas tembok dengan cara memasukkan roda satu per satu di bagian-bagian rel.
  • Setelah itu, lanjut ke langkah keenam yakni proses pemasangan stopper pada bagian samping pintu. Kegunaan stopper pada folding door adalah untuk menempelkan sisi pintu pada tembok.
  • Kemudian pada langkah terakhir ini, Anda harus memasang handle di samping bukaan pada pintu. Sesuaikan ketinggian handle agar pas dengan yang Anda inginkan lalu lubangi pintu dan skup perlahan bagian handle tersebut. Apabila sudah, maka pintu telah siap digunakan.

Sebelum Anda memesan pintu jenis lipat atau folding door, ada baiknya jika Anda bertanya atau berkonsultasi terlebih dahulu mengenai banyak hal yang mungkin tidak Anda pahami. Anda juga dapat menegosiasikan perihal harga folding door dari Vertuglass.com sebelum benar-benar memesannya, gunanya supaya Anda bisa mendapat harga yang cocok dan tidak memakan banyak pengeluaran. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *