Jenis-Jenis Pintu Geser yang Harus Kamu Tahu!

Bagi penikmat budaya dan kartun Jepang alias anime pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya pintu geser. Dalam serial anime Doraemon misalnya, kebanyakan pintu di rumah Nobita berjenis sliding door. Sebenarnya pintu ini berasal dari Bangsa Romawi pada abad pertama Masehi, dan pertama kali digunakan oleh masyarakat Pompeii. Nah jika berbicara tentang pintu konvensional yang kebanyakan dipakai orang saat ini, tentu saja ada orang yang merasa jenuh dan ingin berbeda dengan yang lain. Oleh karenanya, mereka mengganti pintu konvensional menjadi sliding door. Berkaitan dengan hal tersebut, artikel kali ini akan membahas mulai dari pintu geser alumuinium dan jenis-jenis lain yang dapat dipasang di rumah.

Beberapa Jenis Pintu Geser Beserta Kelebihannya Masing-Masing

1. Pintu Geser Aluminium

Pintu Geser Aluminium

Sebagai bahan utama pintu ini, aluminium memiliki lapisan khusus di permukaannya yang bisa mencegah terjadinya korosi oleh proses oksidasi. Karena sifatnya yang anti korosi itulah, pintu ini sangat cocok apabila dipakai di daerah yang memerlukan tingkat kesterilan yang tinggi. Selain kelebihan yang disebutkan tadi, pintu geser aluminium dari Vertuglass.com juga memiliki tingkat security atau keamanan yang lebih tinggi daripada jenis pintu lainnya sehingga cocok digunakan di daerah pergudangan.

2. Pintu Geser Ala Jepang

Pintu Geser Ala Jepang

Kalau jenis pintu yang satu ini seringkali terlihat di anime atau genre film Jepang yang lainnya. Yaps, Jepang memang tidak ada habisnya jika berbicara masalah keunikan, mereka selalu berinovasi membuat sesuatu yang berbeda dan belum pernah ada sebelumnya. Akhirnya,  keunikannya tersebut membuat negara ini dikenal sebagai tempat asal dari pintu jenis geser, yang notabene sebenarnya berasal dari Romawi. Jika dilihat dari modelnya, pintu Jepang ini memiliki aura kekeluargaan yang sangat kuat, bagi Anda yang ingin membuat suasana rumah menjadi lebih tenang silahkan memasang pintu ini di ruang khusus, yaitu tempat berkumpulnya keluarga.

3. Pintu Geser Kaca Buram

Pintu Geser Kaca Buram

Privasi adalah sesuatu yang pasti dibutuhkan oleh setiap orang, dengan jenis pintu ini seseorang bisa mendapatkannya. Walaupun pintu ini memiliki kaca yang buram, tapi jangan khawatir karena sinar matahari tetap dapat masuk ke dalamnya. Pintu ini cocok digunakan di dapur atau kamar mandi dan Anda bisa menambahkan motif-motif yang menarik di kaca pintu ini agar lebih menarik.

4. Pintu Geser Kayu

Pintu Geser Kayu

Yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai budaya klasik. Anda bisa menggunakan pintu jenis kayu ini di daerah pergudangan, ataupun untuk yang memiliki warung kopi bisa menggunakannya agar suasana klasik di tempat Anda bisa lebih hidup lagi. Kekurangan dari pintu jenis ini adalah bisa mengalami proses pelapukan karena lembab dan juga rentan dijadikan sarang oleh rayap, untuk mencegahnya Anda bisa menyemprotkan atau mengecat dengan zat anti rayap.

Itulah tadi beberapa jenis pintu geser dari segala penjuru dunia. Terlepas dari asal-usulnya, semuanya memiliki keunikan masing-masing. Bahkan tidak menutup kemungkinan dari beberapa pintu yang telah disebutkan di atas dapat dimodifikasi kembali atau dikombinasikan yang kemudian menghasilkan inovasi baru dengan fungsi lebih breragam. Selain kelebihan dari pintu berbahan dasar aluminium hingga kayu, tentu semuanya juga memiliki beberapa kekurangan. Seperti contoh konkret yang telah disebutkan di atas; yaitu pintu jenis kayu yang rawan terhadap pelapukan dan rayap. Yah, semuanya baik untuk masyarakat sebagai pembelajaran dalam hal prioritas dan produktivitas terhadap segala sesuatu hingga hal-hal yang terkecil sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *