Komponen dan Aksesoris Panel Listrik Lengkap

Komponen dan Aksesoris Panel Listrik

Electrical Switchboard atau panel listrik merupakan alat atau perangkat yang di dalamnya terdiri dari komponen listrik yang sudah diatur atau disusun dengan cara tertentu dengan tujuan memudahkan penggunanya untuk menyalurkan, membagi, dan mendistribusikan tenaga listrik dari sumber ke masing-masing konsumen. Di dalamnya terbagi menjadi dua bagian, yaitu panel daya dan panel panel distribusi listrik.

Komponen dan Aksesoris Panel Listrik

Ada beberapa komponen penting yang ada di dalam panel listrik, di antaranya ada ACB, MCB, MCCB, Ampere-Meter, CT, Thermal Overload Relay, Voltmeter, Push Button dan Magnetic Contractor. Untuk harga panel listrik bermacam-macam, Anda bisa mendapatkannya mulai harga dari 1 juta.

Komponen dan Aksesoris Panel Listrik

1. ACB atau Air Circuit Breaker

ialah pemutus atau penghubung manual maupun otomatis, komponen ini menjadi bagian utama yang berada di Main Distribution Panel atau MDP. Jika digunakan secara manual biasanya menggunakan tombol open dan close. Komponen ini dilengkapi juga dengan UVT yang akan memutuskan tegangan jika tidak ada tegangan masuk.

2. MCCB atau Moulded Case Circuit Breaker

Berbentuk kotak yang bisa memutuskan dan menghubungkan rangkaian secara manual, biasanya digunakan pada sumber listrik dengan tegangan 0 hingga 1000 v. Komponen ini bisa ditemukan juga di MDP, LCC dan MCC.

3. Pilot Button

Memiliki fungsi sebagai lampu tanda fase R-S-T di panel MCC. Pilot ini di dalamnya terdapat 4 warna, yaitu biru, kuning, hijau dan merah.

4. MCB atau Miniature Circuit Breaker

Ialah pemutus yang berbentuk kecil berfungsi sebagai pengaman saat terjadi arus pendek. Komponen satu ini tidak dilengkapi dengan UVT dan seringnya digunakan pada arus 100 ampere.

5. CT atau Current Transformator

Memiliki fungsi untuk mengukur arus yang lewat dan juga mengirimkan nilai arus pada ampera meter. Juga ada komponen lainnya yang ada di dalam panel listrik seperti ampera meter dan push button.

Jenis-jenis Panel

1. Berdasarkan jenis bahannya

Terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu panel box besi dan panel box plastik. Panel box besi terbuat dari logam yang dibentuk dengan cara dipress. Sedangkan panel box plastik biasanya terbuat dari jenis HDPE yang memiliki sifat kuat, tahan lama terhadap suhu tinggi dan keras.

2. Berdasarkan tipenya

Terbagi menjadi 3 bagian, yaitu wall mounting, free standing dan switch gear atau tegangan menengah. Jenis wall mounting biasanya diterapkan pada panel lift, lighting dan gas. Berukuran kecil yaitu 700 x 500 x 200 x mm, 700 x 800 x 200 mm dan lain sebagainya. Untuk free standing memiliki ukuran yang lebih panjang dan untuk switch gear yaitu jenis panel yang digunakan untuk mendistribusikan ke ke bagian panel-panel kecil.

3. Berdasarkan jenis penggunaannya

Terbagi menjadi 3 bagian, yaitu MVMDP berfungsi sebagai pemutus, pemisah dan menyalurkan tenaga listrik. Kedua ada panel LVMDP berfungsi sebagai pengaman bagi feeder, pemutus dan menerima daya listrik. yang ketiga ada panel LVSDP, yaitu panel yang berfungsi untuk mendistribusikan tenaga listrik dari LVMDP ke pane lokal.

4. Berdasarkan fungsi kontrol

Terbagi menjadi 3 bagian, ada panel kontrol genset, panel kontrol motor, dan panel kontrol faktor daya. Panel kontrol genset ada panel ATS, panel AMF, panel ATS-AMF dan sinkronisasi. Jenis panel motor ada motor DOL, panel motor star delta, panel MCC dan panel VSD.

Demikian informasi seputar komponen dan aksesoris yang biasanya ada di panel listrik. Adapun harga panel listrik berbagai macam, ada yang harganya 1 juta, 5 juta, 6 juta dan lain sebagainya tergantung dari kualitas dan kelengkapannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *