Perhatikan Hal Ini Sebelum Menggunakan Pintu Geser

Pintu alumunium geser, folding door sudah semakin diminati banyak orang, khusunya untuk rumah modern yang memiliki konsep minimalis. Pintu geser atau folding door menjadi pilihan karena memang penggunaannya yang ringkas serta dapat menjadi alternatif dekorasi yang membuat rumah terasa lebih lapang.

pintu geser aluminium

Untuk rumah yang berukuran kecil, menggunakan pintu alumunium geser, folding door merupakan sebuah alternatif yang dapat membuat rumah anda tidak terasa sempit, karena memang pintu jenis ini tidak memakan banyak tempat. Berbeda dengan pintu biasa, ketika dibuka justru akan memakan tempat yang cukup banyak.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menggunakan Pintu Geser

Pintu geser memang menjadi salah satu alternatif yang cukup digemari oleh beberapa orang. Namun, sebelum anda mengganti pintu konvensional dengan pintu geser, maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Salah satunya adalah kebersihan dari pintu geser tersebut. Tidak seperti pintu biasa yang terbuat dari kayu, pintu geser alumunium, folding door membutuhkan perawatan tersendiri. Anda harus rajin membersihkannya agar pintu tidak berjamur dan tidak terlihat kotor.

Tidak hanya pintu biasa yang ketika dibuka dapat mengeluarkan bunyi-bunyi yang membuat kita merasa ngilu, tapi pintu geser alumunium, folding door juga seperti itu. Pada pintu geser, biasanya terdapat penahan pintu yang terbuat dari karet atau busa yang direkatkan di sepanjang pintu geser tersebut. Apabila karet atau busa tersebut mengalami kerusakan, maka pintu akan mengeluarkan suara ketika digeser. Untuk mengatasinya, anda dapat melakukan perbaikan untuk mengganti penahan pintu yang rusak tersebut.

Kalau pintu biasa menggunakan engsel untuk mekanisme pembukaan pintu, maka pintu geser alumunium, folding door menggunakan roda sebagai mekanismenya. Biasanya, rel yang digunakan untuk roda akan cepat kotor atau tertimbun sesuatu seperti debu, batu atau tanah. Untuk itu, anda harus rajin memerika roda dan relnya setiap minggu agar pintu geser anda tidak mengalami hambatan ketika ingin dibuka.

Untuk pintu geser, biasanya kaca akan menjadi penghias utama di sana. Kaca akan dipasang agar pintu terlihat lebih elegan. Ditambah dengan hiasan-hiasan lain seperti tirai, maka rumah akan terlihat lebih menawan dibandingkan ketika kita menggunakan pintu biasa. Namun, pintu geser yang menggunakan kaca membuat banyak penggunanya khawatir karena mudah dipecahkan sehingga barang-barang di dalam rumah dapat diambil oleh maling. Untuk itu, penting bagi anda yang ingin menggunakan pintu geser untuk menggunakan kaca yang cukup tebal agar tidak mudah dipecahkan.

Anda juga bisa menggunakan kaca buram dari Vertuglass.com agar aktivitas anda di dalam rumah tidak bisa dilihat oleh orang-orang yang berada disekitar anda. Tidak hanya kaca buram, anda juga bisa memasangkan film yang gelap untuk menghalau penglihatan orang-orang di luar pintu anda. Selain itu, anda juga bisa berkreasi dengan memasangkan cermin, agar orang-orang yang ingin masuk kerumah anda bisa berkaca sebelum masuk kerumah anda.

Itulah dia beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum anda menggunakan pintu geser. Seperti yang disebutkan di awal, pintu geser merupakan salah satu alternatif saja. Alasan utama banyak orang yang senang menggunakan pintu geser adalah karena lebih menghemat ruangan sehingga anda akan merasa lebih luas ketika berada di dalam rumah. Walaupun begitu, kekurangan-kekurangan dari pintu geser dapat diatasi dengan cara selalu merawat pintu geser yang anda miliki minimal satu minggu sekali. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *