Jangan Sampai Keliru, Ini Tips Menggunakan Vertical Roller Blind

Tips Menggunakan Vertical Roller Blind

Beberapa ciri rumah sehat di antaranya adalah memiliki proporsi yang cukup dalam hal jalur sirkulasi udara serta jalur keluar dan masuknya cahaya matahari ke dalam ruangan. Ciri rumah sehat yang demikian ini juga mendukung konsep literasi energi, khususnya penghematan penggunaan listrik terutama pada siang hari. Lampu-lampu tidak perlu dinyalakan pada siang hari sehingga mengurangi emisi gas buangan.

Di sisi lain, ketika energi harus dihemat maka sudah seharusnya rumah memiliki sumber cahaya lain yang dapat mendukung aktivitas di dalam rumah serta menjamin kenyamanan penghuninya. Sehingga jalur sirkulasi udara dan cahaya matahari didukung oleh kehadiran ventilasi dan jendela yang cukup pada beberapa sisi bangunan rumah. Misalnya ruang tamu, kamar tidur dan dapur. Sementara kehadiran jendela dengan material kaca yang bening memberikan tantangan baru berupa tereksposnya privasi yang dilakukan dari balik ruangan. Untuk mengatasi hal ini kamu dapat mengandalkan gorden, salah satunya adalah gorden tipe roller blind.

Hadirkan Sisi Elegan, Ikuti 3 Tips Penggunaan Vertical Roller Blind Berikut Ini!

Tips Menggunakan Vertical Roller Blind

Secara umum roller blind terdiri dari dua tipe yaitu horizontal dan vertikal. Perbedaannya terdapat pada sisi penggunaannya yang menyesuaikan konsep serta luas ruangan yang hendak diaplikasikan. Vertical roller blind terlihat lebih familiar sebab secara tidak sadar sering kamu jumpai pada sejumlah aktivitas perkantoran, bank dan rumah sakit. Namun bukan tidak mungkin kamu mengaplikasikannya di ruangan rumahmu.

Untuk membantu kamu memahami cara mudah menggunakan vertical roller blind, berikut ini telah kami sajikan tips mudah yang dapat kamu lakukan. Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Cek Ukuran Ruangan Dan Lebar Jendela

Tips Menggunakan Vertical Roller Blind
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa jenis horizontal dan vertical roller blind dibedakan berdasarkan ukuran ruang. Ruang dengan ukuran yang medium cenderung sempit serta proporsi jendela yang lebih besar akan cocok dipadankan dengan vertical roller blind. Dengan salurnya yang tegak akan memberikan kesan lapang pada ruangan. Tips ini juga dapat kamu aplikasikan pada ruangan yang terbilang besar namun padat barang-barang dan furniture.

2. Tipe Kaca Jendela Yang Cocok Dipadankan Dengan Vertical Roller Blind

Tips Menggunakan Vertical Roller Blind
Tidak ada aturan pasti bahwa kaca jendela menentukan jenis roller blind apa yang cocok digunakan. Hanya saja akan terlihat lebih cantik dan elegan jika kamu memadukan vertical roller blind dengan jendela yang menggunakan kaca berkonsep plong dan minimalis. Artinya kaca jendela tidak dipisah-pisah dengan rangka kayu, baja maupun alumunium. Memaksakan jendela dengan konsep pembagian kaca dan vertical roller blind akan membuat ruanganmu terlihat ramai dan sempit.

3. Pilih Ukuran Dan Warna Yang Sesuai

Tips Menggunakan Vertical Roller Blind

Langkah terakhir agar vertical roller blindmu semakin terlihat menawan adalah pemilihan warna yang tepat. Kebanyakan vertical roller blind mengandalkan warna-warna netral cenderung pastel seperti krem, putih gading, hijau muda, baby blue dan abu-abu. Tapi kamu juga bisa menggunakan warna yang lebih berani untuk rumahmu. Jangan lupa padankan warna dengan konsep yang ada termasuk cat dinding. Selain itu, perhatikan pula panjang roller blind. Akan semakin baik jika roller blind dibuat menjuntai nyaris menyentuh lantai untuk memberikan kesan ruangan yang luas dan lapang.

Sebagai langkah pemeliharaan, rutinlah untuk membuka dan menutup vertical roller blind pada saat yang diperlukan. Kamu juga harus rajin membersihkan vertical roller blind. Sebab celah antartirai akan memberikan ruang untuk debu dan sawang menempel tanpa kamu sadari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *